Jago Bisnis dari Rumah.

Bismillaah💐

Baik bun, hari ini  akan membahas materi yang berjudul Jago Bisnis dari Rumah.
Sebelumnya ingin bercerita dahulu latar belakang sehingga Materi Jago Bisnis dari Rumah ini bisa masuk kedalam Silabus Materi pada kelas IRT Pro..

Kami tim IRT Pro menyadari bahwa banyak bunda yang selain memegang jabatan sebagai IRT Pro, beberapa bunda juga memegang jabatan lain di instansi/perusahaan tempat bekerja selama ini..

Misalnya jabatan direktur, kepala, freelance, manager, staff, komisaris, tenaga ahli, dan masih banyak lainnya..

In syaa Allaah, selagi suami bunda mengizinkan, tugas rumah tangga tidak terbengkalai dan tidak terdapat mudhorot ketika bunda bekerja mengemban jabatan tersebut (jabatan selain IRT Pro) maka diperbolehkan.. 

Dan justru bunda harus professional juga berkerja di instansi/perusahaan tersebut..

Jangan sampai karena menjadi IRT Pro kinerja bunda di instansi/perusahaan tersebut menjadi menurun..

Justru seharusnya kinerja bunda bisa meningkat karena bunda sudah mendapatkan materi dan menerapkan konsep kerja IRT Pro (bekerja dengan membuat perencanaan di awal agar kedepannya terasa ringan, bekerja dengan hati yang bersih, bekerja Ikhlas karena Allaah, bekerja cerdas dengan efektif dan efisien, bekerja keras tak menunda nunda dan lakukan berdasarkan prioritas, dll), pada instansi/perusahaan bunda..

Namun, jika jabatan/pekerjaan yang bunda miliki sekarang (jabatan selain IRT Pro) menimbulkan banyak mudhorot, bekerja pada tempat yang telah jelas dapat menyebabkan murka Allaah Ta’ala, maka sebaiknya bunda sudah membuat rencana untuk mencari alternatif lain, bahkan segeralah hijrah meninggalkan pekerjaan tersebut..

Karena hasil dari pekerjaan haram tidak akan menyebabkan keberkahan..

Abul ‘Abbas Ahmad bin ‘Abdul Halim bin Taimiyyah Al-Harrani (661-728 H) rahimahullaah pernah berkata :
“Sedikit dari yang halal itu lebih bawa berkah di dalamnya. Sedangkan yang haram yang jumlahnya banyak hanya cepat hilang dan Allah akan menghancurkannya.” (Majmu’ah Al-Fatawa, 28:646)

Atau ada juga bunda yang telah memiliki jabatan/pekerjaan (selain IRT Pro) yang dijalankan sebagian besar dari dalam rumah, karena dengan kemudahan teknologi seperti sekarang banyak pekerjaan yang dapat kita lakukan cukup dari rumah saja..

Bagi bunda yang saat ini bekerja diluar rumah, tentu akan ada batas waktunya atau batas usia pensiun untuk posisi yang bunda emban..

Oleh karena itu, sebelum waktu tersebut tiba, yuk mulai sekarang kita siapkan bisnis yang nantinya dapat bunda kerjakan hanya dari dalam rumah.. 

In syaa Allaah banyak yaa bun pekerjaan yang bisa kita lakukan dari rumah, sesuaikan dengan keahlian yang bunda miliki..

Pesan-Pesan agar Jago Bisnis dari Rumah : ⬇

1️⃣. Niatkan karena Allaah Ta’ala.

An-Nawawi rahimahullaah mengatakan : *“Sesungguhnya perbuatan mubah, jika dimaksudkan dengannya untuk mengharapkan wajah Allaah Ta’ala, maka dia akan berubah menjadi suatu ketaatan dan akan mendapatkan balasan (ganjaran)"*..

2️⃣. Miliki Akhlak yang Mulia.

Dalam berbisnis, bunda tentu akan menghadapi customer dengan berbagai sifat dan karakternya, mulai dari karakter yang baik hingga karakter customer yang menguji kesabaran bunda..

Jangan terpengaruh dengan karakter negatif customer kita, tanggapi dengan elegan, hadapi secara professional..

Contoh akhlak mulia dalam berbisnis adalah :

↪ Jujur
↪ Amanah
↪ Tepati janji
↪ Tagih hutang dengan bijak
↪ Beri tempo untuk orang yang kesulitan membayar hutang
↪ Tunaikan kewajiban
↪ Jangan curang/menipu, dan
↪ Jangan menunda nunda membayar hutang
↪ Dll

Rasulullaah shallallaahu ‘alayhi wasallaam bersabda :

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan baiknya akhlaq.” 
(HR. Ahmad 2/381, shahih)

3️⃣. Pelajari Tentang Fiqih Jual Beli.

Agar bisnis bunda tetap menghasilkan keberkahan, jangan lupa yaa bun, terus semangat untuk belajar ilmu, dalam hal apa saja, terutama dalam hal agama, ilmu ilmu syar’i, wajib bunda pelajari, karena itu mencakup semua aspek kehidupan kita di dunia..

➡ Mulai dari bunda bangun tidur sampai mau tidur lagi, bahkan saat tidur mimpi buruk, ada tuntunannya..

➡ Ngurus anak, suami, rumah tangga ada tuntunannya..

➡ Ngurus negara juga ada tuntunannya..

➡ Jadi warga/masyarakat juga ada tuntunannya..

Oleh karena itu, bunda jangan pernah cepat kenyang untuk menuntut ilmu, teruslah haus, penasaran, semangat juang dalam menuntut ilmu..

4️⃣. Terapkan Rumus 7P+1S

Bunda bisa lakukan strategi pemasaran dengan rumus 7P+1S : ⬇ 

↪ Product 
(buat produk terbaik dari bahan yang berkualitas dan manfaat yang tinggi)
↪ Price 
(bunda bisa tentukan harga murah untuk mengejar quantity, atau harga tinggi untuk menentukan positioning produk bunda, atau harga sesuai dengan product yang didapat customer)
↪ Promotion 
(bunda bisa lakukan promosi dari mulut kemulut, melalui sosial media, endorse, dll)
↪ Place 
(jika product bunda perlu tempat, pilih tempat yang strategis yang mudah diakses oleh customer)
↪ People 
(pilih team/karyawan sesuai dengan keahlian yang bunda butuhkan dan latih tim/karyawan tersebut untuk bekerja secara professional)
↪ Process 
(sebisa mungkin upayakan proses yang cepat, dan gampang sehingga customer ngga ribet sendiri saat ingin membeli product bunda)
↪ Physical Environment 
(atau disebut tampilan fisik misalnya design interior bangunan tempat jualan bunda adem nyenengin, cozy, dll.
Atau jika online tampilan instagram, website, dan product bunda kekinian sesuai dengan target pasarnya, dll)
↪ Services 
(atau pelayanan, bunda berikan dengan ramah, senyum dan sapa, bisa juga bunda berikan pelayanan setelah customer membeli misalnya garansi, atau jika di kelas IRT Pro ada grup alumni nya, dll)

Untuk mendalami masing-masing pointnya, bunda bisa browsing di google atau membaca buku Manajemen Pemasaran yaa bun :)

5️⃣. Tawakkal.

Tawakkal itu bukan hanya sekedar pasrah begitu saja yaa Bun, hehe :)

Ibnu Rojab rahimahullaah dalam Jami’ul Ulum wal Hikam tatkala menjelaskan hadits no. 49 mengatakan :

”Tawakkal adalah benarnya penyandaran hati pada Allah ‘Azza wa Jalla untuk meraih berbagai kemaslahatan dan menghilangkan bahaya baik dalam urusan dunia maupun akhirat, menyerahkan semua urusan kepada-Nya serta meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa ‘tidak ada yang memberi, menghalangi, mendatangkan bahaya, dan mendatangkan manfaat kecuali Allah semata’.”

Dari Umar bin Al-Khoththob radhiyallaahu‘anhu berkata bahwa Nabi shallallaahu ‘alayhi wasallaam bersabda :

”Seandainya kalian betul-betul bertawakkal pada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rizki sebagaimana burung mendapatkan rizki. Burung tersebut pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali sore harinya dalam keadaan kenyang.”

 (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Al Hakim. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Silsilah Ash Shohihah no.310)

Mohon maaf yaa bun, karena Teh Dea juga masih dalam proses belajar, jadi hanya 5 hal diatas yang bisa Teh Dea pesankan untuk menjalani bisnis..

Bagi bunda yang mempunyai pengalaman dalam berbisnis dari rumah boleh banget yaa bun dishare/sharing di grup diskusi..

Bunda, saat kemarin bunda praktekkan tugas mengatur keuangan keluarga, sedihkan jika keluarga bunda masih mempunyai hutang? Rasanya pengen yaa bun segera melunasi hutang hutang kita, jadi alokasi pendapatan yang selama ini untuk membayar hutang bisa kita alihkan ke hal-hal yang membuat hubungan bunda dengan suami dan anak semakin harmonis..

Dalam beberapa kasus atau kondisi tertentu, mengatur keuangan rasanya tidak cukup hanya dengan melakukan penghematan terhadap pengeluaran..

Langkah menambah pendapatan juga perlu dilakukan, agar keuangan rumah tangga minimal bisa balance, seimbang antara pemasukan dan pengeluaran..

Jika dari pengeluarannya sudah tidak bisa ditekan lagi untuk melakukan penghematan tentu pendapatannya yang lebih didorong..

Bisnis dari rumah, istri membantu pekerjaan suami menjadi salah satu solusinya..

Selagi bunda memikirkan ide bisnis yang akan bunda bangun dari rumah, Teh Dea dan Tim IRT Pro membuka kesempatan kepada bunda-bunda untuk bergabung bersama kami, menjadi bagian dari tim Marketing Kelas IRT Pro..

In syaa Allaah teknis detailnya akan disampaikan nanti oleh Teh Kharen yaa Bun..

Bunda, Teh Dea ingin mengakhiri materi ini, tapi kok kayanya sedih banget yaa :(

Perasaan baru kemarin Teh Dea membuka kelas ini dan In syaa Allaah besok sudah akan di tutup.. 

Sabtu In syaa Allaah akan ada tugas akhir, atau ujian menjawab soal-soal yang kami berikan.. 

Dan ahad pembagian hadiah..

Bunda, maafkan Teh Dea jika selama membersamai bunda di Kelas IRT Pro ini ada kesalahan dalam penyampaian lisan, pemilihan diksi, hingga membuat perasaan bunda terluka, mohon dimaafkan juga yaa bun jika ada beberapa materi yang kurang optimal, kurang mudah untuk dicerna, dll :)

(Semoga dimaafkan yaa bunda-bunda shaalihah🤍)

Sekian dulu yaa bunda materi kita pada hari ini, semoga Allaah Ta'ala selalu meridhoi dan memudahkan segala urusan kita, Aamiin🤎

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Endo

Kebersihan Menyeluruh

Desain Preparasi Pasak